Jenis Jenis Pintu Garasi, Rumah, dan Toko Serta Fungsinya

05/07/2021

Jenis pintu garasi bangunan ada banyak sekali rupanya dari yang paling sederhana hingga modern dan mewah, akan tetapi kami akan bahas beberapa saja jenis pintu yang populer dan sering digunakan di Indonesia.

Berikut adalah 6 jenis pintu garasi, rumah, dan toko yang sering digunakan dan sangat populer di Indonesia:

1. Pintu Plat

Pintu Plat Multi Karya Steel

*Pintu Plat

Pintu plat adalah pintu besi sistem buka tutupnya fold (dilipat) ke kiri dan ke kanan dengan jumlah pintu yang sama rata. Pintu plat memiliki komponen yang sangat simpel dan tidak memerlukan banyak perawatan. Karena komponen Pintu plat hanya terdiri dari plat besi, engsel, dan rel untuk melipat. Jenis pintu ini sangat sering dipakai di indonesia karena kemanannya yang tinggi dan ketahanan yang bagus tahan lama.

2. Folding Gate

Folding Gate Multi Karya Steel

*Folding Gate

Folding gate adalah pintu besi dengan sistem buka tutup digeser kesamping ke kiri dan ke kanan. Folding gate terdiri dari dua sisi rangka silang yang menyambung di antara plat UNP sebagai pegangannya dan slat FG atau daun yang menutupi bagian depan. Fodling Gate sangat sering dipakai untuk toko dan ruko karena sifatnya yang kokoh dan kuat. Folding Gate juga biasa digunakan sebagai pintu utama sebuah toko karena tampilannya yang indah serta modern.

3. Rolling Door

Rolling Door Multi Karya Steel

*Rolling Door

Rolling door adalah pintu besi sistem buka tutupnya rolling (digulung) ke atas dan ke bawah. Rolling door menggunakan daun/slat biasa tanpa adanya rongga udara. Rolling door kini sangat sering digunakan sebagai pintu ruko, pertokoan, warung, pintu garasi karena tampilannya yang simpel serta modern.

4. Pintu Harmonika

Pintu Harmonika Multi Karya Steel

*Pintu Harmonika

Pintu harmonika atau Pintu Akordion adalah pintu besi dengan sistem buka tutup digeser kesamping kiri dan kanan, Komponen dari pintu harmonika mirip seperti folding gate hanya saja Pintu harmonika tidak memakai slat / daun penutup melainkan hanya kerangka (UNP) saja. Karena pintu ini berbentuk mirip sebuah alat musik harmonika yang memiliki rongga, jadi nama pintu ini disebut pintu harmonika.

5. Rolling Grille

Rolling Grille Multi Karya Steel

*Rolling Grille

Rolling grille adalah pintu elastis dengan komponen yang sederhana yaitu silinder dan bracket. Mirip seperti pintu harmonika, rolling grille mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai pintu bangunan tambahan atau dalam ruangan (indoor) tidak diperuntukan sebagai pintu utama di outdoor. Pintu ini menjadi sangat populer karena mempunyai kelebihan elastis sehingga dapat dibentuk ke segala arah.

6. Rolling Door Otomatis

Rolling Door Otomatis Multi Karya Steel

*Rolling Door Otomatis

Ini dia yang terakhir yaitu Rolling Door Otomatis atau juga biasa disebut Rolling Door Industri, dari namanya saja kita sudah bisa tahu bahwa ini adalah otomatis atau bisa bergerak sendiri memakai mesin. Pintu ini adalah keluaran inovasi terbaru dari rolling door konvensional, biasa digunakan untuk keperluan industri (pabrik) oleh karena itu pintu ini sering disebut pintu industri.